PROFILE | SINAR GRIYA

PRODUKSI KACA INLAY-KACA PATRI-KACA GRAVIER

PROFILE


Kaca Patri Merupakan seni yang sudah ada sejak jaman dulu. Sejalan dengan kemajuan tekhnologi teknik kaca patri kini tidak lagi menggunakan timah hitam yang di cor pada media kaca, tapi sudah menggunakan bahan lain seperti tembaga dan kuningan serta kaca inlay.

Kebanyakan kaca patri di gunakan untuk jendela rumah-rumah mewah maupun bagian-bagian depan rumah. Karena Kaca Patri juga bisa berfungsi sebagai ornamen yang dapat memperindah rumah. "Mereka yang memiliki rasa seni tinggi,pasti akan melengkapi jendela-jendela rumahnya dengan kaca patri". ujar Mu Harun Alrasyid pemilik Sinar Griya Interior yang mampunyai showroom sekaligus bengkel kaca patri di Jl Wr Supratman, Ia Mengatakan dengan kaca patri rumah tampak lebih cantik.Karena di situ terkandung unsur-unsur seni,sehingga dari kejauhan rumah tampak penuh dengan lukisan seni.

Tentunya, kaca patri akan semakin pas apabila disesuaikan dengan bangunan dimana kaca patri akan di tempatkan.Kaca patri akan terlihat bagus apabila dibuat dalam ukuran minimal 0.50m x 1.50m. Semakin besar semakin bagus. Nah kaca patri yang demikian besar itu tentunya akan lebih pas jika di gunakan untuk rumah-rumah mewah berukuran besar. "Kalau rumahnya tipe 21 ya kurang bagus jadinya " Ujar Mur Harun.

Sinar Griya menyediakan kaca patri dari bahan timah biasa, timah hitam, kuningan. Terserah konsumen,ingin menggunakan bahan yang mana. Kaca yang di gunakan juga beraneka ragam,termasuk kaca warna warni yang di bevel.

Sinar Griya Interior bukan hanya menawarkan jasa kaca patri, tapi juga menawarkan jasa gravir pada kaca.Di dalam nya terpasang lampu TL dan ketika di nyalakan, lukisan cat dengan mediasi kaca itu akan terlihat indah.

Mengenai harga, tergantung bahan yang di gunakan. Yang murah adalah menggunakan bahan timah hitam. Harun Mengaku, hingga saat ini masih sedikit konsumen yang memesan kaca patri. Menurut dia, hal itu disebabkan masih kurangnya rasa seni yang di miliki oleh masyarakat, dan adanya kesan bahwa kaca patri itu harga nya sangat mahal. "Saya kira bagi orang yang mempunyai rasa seni,harga itu akan sangat relatif dengan kepuasan yang akan di terimanya," Ujarnya.

Harga yang di tawarkan oleh Mur Harun tidak terlalu mahal. Sebagai perbandingan, untuk produk dan kualitas yang sama,di Jakarta Design Center (JDC) harga nya sekitar Rp. 5 JT permeteter persegi. Padahal untuk kualitas, hasil karya Mur Harun (SINAR GRIYA) tidak kalah dengan yang di produksi di JDC.

Berbagai cara sudah di lakukan Mur Harun dalam melakukan penawaran. Antara lain dengan memasang iklan pada sebuah provider internet, maupun dengan mencetak 2000 lembar katalog dengan biaya yang bisa di bilang cukup besar.

Katalog itu di titipkan di perusahaan-perusahaan pengembang yang sedang melakukan pembangunan maupun di letakan pada sejumlah tempat yang di anggapnya cukup strategis (proyek-proyek). Tapi ternyata cara itu di anggap kurang efektif meskipun Harun mencoba menawarkan diri untuk melakukan demo pembuatan.

Hasil survey yang di lakukan sendiri, dari 2000 lembar katalog yang di sebar yang menghubungi dirinya untuk di buatkan jendela kaca patri hanya 3 orang. Tentunya hasil itu tidak sebanding dengan biaya dan tenaga yang telah di keluarkan untuk berpromosi.

Akhirnya ia mencoba membuat show room di kawasan pondok ranji dengan memajang sejumlah hasil karyanya. Disana konsumen juga bisa langsung melihat cara pengerjaan yang di lakukan 3 orang tukang nya. Dan itu cukup efektif. Secara perlahan-lahan mereka mulai tahu bahwa di situ ada SINAR GRIYA yang menawarkan jasa Kaca Patri.

Mereka yang melewati jalur pondok aren, biasanya akan melihat showroom itu. Usaha itu tidak sia-sia. Cukup banyak konsumen yang data ke tempatnya, kemudian melakukan pemesanan.

Beruntung bisnis yang di geluti Mur Harun masih sedikit, sehingga ia tidak dipusingkan oleh pesaing. Karena untuk membuka bisnis kaca patri tidak semata-mata membutuhkan modal tapi juga jiwa seni.

(sumber asli sinar griya : Koran Metro Hal:13 (peluang) _ 19 Maret - 2 April 2004 )


Bermodalkan pengalaman Harun Mencoba Berbisnis. Mur Harun telah menggeluti bisnis kaca patri sejak 10 tahun lalu, Awalnya, ia bekerja di PT Griya Citra Arsicon perusahaan yang bergerak di bidang usaha kontraktor. Di perusahaan tersebut Harun di percayakan untuk memegang bagian interior.

Ketika Perusahaan itu bertambah maju, tenaga kerja yang direkrut oleh perusahaan itu adalah insinyur-insinyur teknik dari ITB, yang lebih menguasai urusan desain interior. Posisi Harun di perusahaan itupun tergusur. "Terus terang, waktu itu sakit hatu saya," katanya.

Sang bos kemudian mendakati Harun. Ia memberikan wejangan bahwa dirinya tidak bisa terus menerus mengandalkan orang lain sebagai tempat bergantung. "Bos juga sering mendengungkan, belajar saja yang baik dan ambil ilmunya," kata Harun mengenang wejangan bosnya.

"Apalagi waktu itu bos saya mengatakan, dengan kemampuan yang saya miliki, saya bisa mandiri dan menjadi pengusaha yang sukses. Asalkan pekerjaan itu dilakukan dengan penih ketekunan dan kesabaran. "Memang loyalitas kita di tuntut, tapi kita diajarkan untuk mandiri, katanya lagi."

Berbekal motifasi dari bos nya itu, Harun kemudian mencoba membuka usaha sendiri, Ia juga ingin membuktikan kepada mantan bos nya bahwa dia bisa sukses meski hanya berbekal pengalaman, sedikit modal dan keyakinan bahwa ia bisa sukses. Maka usaha kaca patri pun dimulai. Order yang masuk di kerjakan sendiri. "Modal saya ya pengalaman, modal uang hanya sedikit," Ungkapnya. Tapi cara itu tampaknya tidak efektif. Harun kemudian mrekrut karyawan untuk membantu mengerjakan setiap orderan yang masuk, sedangkan ia sendiri lebih memposisikan sebagai marketing. Sekarang Harun sudah mempunya beberapa karyawan untuk mengerjakan orderannya.

(sumber asli sinar griya : Koran Metro Hal:13 (peluang) _ 19 Maret - 2 April 2004 )

Berbagai cara terus dilakukan untuk bisa meningkatkan order. Kini ia di bantu dengan putra nya yang bernama Eka Abdul Azis, S.Kom founder of online marketing website www.sinargriya.com dan www.kacapatrijakarta.com . Hingga saat ini Sinar Griya sudah semakin berkembang dalam pemasarannya, pengiriman kaca nya pun sampai ke luar kota (makasar,pontianak,bali,dll)


(sumber asli sinar griya : Koran Metro Hal:13 (peluang) _ 19 Maret - 2 April 2004 )




founder of Kaca Patri Sinar Griya
1999 - 2017 ( 18 years of being )

 

  founder of online marketing website since
2010 - 2017


SINAR GRIYA INTERIOR EXTERIOR
Specialist Interior Glass Art

Jasa Yang Kami Tawarkan Adalah Memproduksi Berbagai Macam Jenis Kaca Seni
Dan Kusen Aluminium, Kami juga menawarkan jasa Servis Kaca patri, Jasa Kami di Antara nya Sebagai Berikut : 

  • Kaca Inlay,
  • Kaca Patri Kuningan,
  • Kaca Patri Silver,
  • Kaca Patri Timah,
  • Kaca Gravir,
  • Kaca Aluminium,
  • Jendela Kusen Aluminium kaca patri/kaca inlay,
  • Jasa Servis Kaca Patri,
  • Kaca Patri Masjid,
  • Kaca Patri Gereja,
  • Kaca Patri Perumahan / Perkantoran,
  • Kaca Cermin Inlay,
  • etc  

Kami Menerima Berbagai Model Pesanan Gambar & Pembuatan (produksi) Kaca patri / inlay / gravir Untuk : 
Rumah , Kantor , Masjid , Gereja , dll.


Untuk pertanyaan dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi atau mengunjungi Workshop kami di Tangerang, Bintaro Sektor 3 yaitu :
 
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-
SINAR GRIYA

Komplek Pondok Jaya
Jl. Kabel Atas Rt. 04 Rw. 05 No. 8
Bintaro Jaya Sektor 3

No Hp (Bapak H.Mur Harun) :
-    0812-1064-5913
WhatsApp = 0817 626 354

 e-mail :
kaca_patri@yahoo.co.id
 
WORKSHOOP
 

Jalan Wr.Supratman no 45 Pondok Ranji
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=

0 komentar:

Posting Komentar